Senin, 11 April 2011

Teori Sistem

Teori Sistem adalah studi transdisciplinary sistem secara umum, dengan tujuan mengelusidasi prinsip-prinsip yang dapat diterapkan untuk semua jenis sistem di semua bidang penelitian. Istilah ini belum memiliki arti, mapan tepat, tetapi teori sistem cukup dapat dianggap sebagai spesialisasi sistem berpikir dan generalisasi dari ilmu sistem. Istilah ini berasal dari Bertalanffy General System Theory (GST) dan digunakan dalam usaha nanti di bidang lain, seperti teori tindakan Talcott Parsons dan sistem-teori Niklas Luhmann.

Dalam konteks ini kata "sistem" digunakan untuk merujuk secara khusus untuk sistem mengatur diri sendiri, yaitu yang mengoreksi diri melalui umpan balik. Self-mengatur sistem ditemukan di alam, termasuk sistem fisiologis tubuh kita, dalam ekosistem lokal dan global, dan iklim.

Perkembangan teori sistem

Umum sistem penelitian dan penyelidikan sistem

Banyak awal teori sistem bertujuan untuk menemukan teori sistem umum yang bisa menjelaskan semua sistem di semua bidang ilmu pengetahuan. Istilah kembali ke buku Bertalanffy berjudul "Umum Teori Sistem: Yayasan, Pembangunan, Aplikasi". dari tahun 1968 Menurut Von Bertalanffy, dia mengembangkan "Systemlehre Allgemeine" (umum sistem ajaran) pertama melalui kuliah dimulai pada tahun 1937 dan kemudian melalui publikasi mulai tahun 1946.

Tujuan Von Bertalanffy adalah untuk membawa bersama-sama di bawah satu pos ilmu organismic bahwa ia telah mengamati dalam pekerjaannya sebagai ahli biologi. Keinginannya adalah untuk menggunakan kata "sistem" untuk menjelaskan prinsip-prinsip yang umum sistem secara umum. Dalam GST, ia menulis:

Terdapat model, prinsip, dan hukum yang berlaku pada sistem umum atau subclass mereka, terlepas dari jenis tertentu mereka, sifat dari unsur-unsur komponen mereka, dan hubungan atau "kekuatan" di antara mereka. Tampaknya sah untuk meminta teori, bukan sistem dari jenis yang kurang lebih khusus, tetapi prinsip-prinsip universal yang berlaku untuk sistem secara umum.

Jadi ketika von Bertalanffy berbicara tentang Allgemeine Systemtheorie itu konsisten dengan pandangan bahwa ia mengusulkan sebuah perspektif baru, cara baru untuk melakukan sains. Itu tidak langsung konsisten dengan interpretasi sering menempatkan pada "teori sistem umum", yaitu, bahwa itu adalah (ilmiah) "teori sistem umum." Untuk mengkritik seperti itu adalah untuk menembak pada laki-laki jerami. Von Bertalanffy membuka sesuatu yang jauh lebih luas dan signifikansi jauh lebih besar daripada teori tunggal (yang, seperti kita ketahui sekarang, selalu bisa dipalsukan dan biasanya eksistensi fana): ia menciptakan sebuah paradigma baru untuk pengembangan teori.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar