Kamis, 14 April 2011

Perjuangan

Perjuangan merupakan kerja keras untuk mewujudkan cita-cita atau angan-angan. Setiap manusia harus kerja keras untuk kelanjutan hidupnya. Sebagai mana manusia adalah perjuangan. Perjuangan untuk hidup, dan ini merupakan kodrat manusia. Tanpa pejuangan, manusia idak dapat hidup sempurna. Apabila manusia bercita-cita menjadi kaya, ia harus bekerja keras. Apa bila seseorang bercita-cita menjadi ilmuan, ia harus rajin belajar dan tekun serta memenuhi semua kekuatan akademik.

Kerja keras itu dapat dilakukan dengan otak/ilmu maupun dengan tenaga/jasmani, atau dengan kedua-duanya. Para ilmuan lebih banyak bekerja keras dengan otak/ilmunya daripada dengan jasmaninya. Sebaliknya para buruh, petani lebih banyak menggunakan jasmani daripada otaknya. Para tukang dan para ahli lebih banyak menggunakan kedua-duanya daripada salah satunya para politisi lebih banyak kerja otak dari pada jasmani. Sebaliknya para prajurit lebih banyak kerja jasmani dari pada otaknya.

Kerja keras pada dasarnya menghargai dan meningkatkan harkat dan martabat manusia. Sebaliknya pemalas membuat manusia miskin, melarat, dan berarti menjatuhkan harkat dan martabanya sendiri. Karena itu tidak boleh bermalas-malasan, bersantai-santai dalam hidup ini.santai dan istirahat ada waktunya dan manusia mengatur waktunya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar