Sabtu, 09 April 2011

Desentralisasi

Skype adalah wakil dari gerakan yang lebih luas dari internet "gratis" berbasis telepon. Ini desentralisasi merupakan industri diaktifkan oleh Internet dan didorong oleh penggunanya. Berbekal seperti pergeseran kekuasaan yang mereka menemukan kembali apa media dan telepon berarti dan mulai untuk memadukan mereka bersama-sama.
Skype adalah klien VoIP pertama berdasarkan teknologi P2P . Selain dari server login yang digunakan untuk menyimpan username dan password , Skype memiliki infrastruktur tidak. Segala sesuatu yang lain dari pencarian pengguna query, profil pengguna untuk memanggil routing terdesentralisasi memanfaatkan mesin pengguna dan mereka koneksi broadband . Dengan demikian Skype bahkan bukan penyedia layanan apalagi operator jaringan.
Hal ini kontras dengan infrastruktur terpusat besar bekerja di PSTN dan kembung untuk membentuk Intelligent Network (IN).
Industri musik menghadapi situasi yang sejajar dengan kedatangan Skype dalam bentuk format MP3 dan berbagi selanjutnya track audio para pengguna menggunakan jaringan P2P seperti Napster dan KaZaA6. Industri film juga memiliki situasinya sendiri paralel dengan berbagi film di jaringan P2P seperti BitTorrent dan eDonkey. Jaringan P2P tersebut mewakili lebih dari sekedar cara untuk mendapatkan film bebas dan sebelum bioskop atau DVD, mereka menyediakan model P2P distribusi baru didistribusikan memungkinkan pengguna untuk mendistribusikan film rumah sendiri, film independen dan blog video ("vlogs") tanpa biaya.
program radio Broadcast juga menghadapi persaingan dari metode distribusi desentralisasi yang dikenal sebagai "Podcasting". Podcast memanfaatkan model berlangganan yang menggunakan RSS 2.0 XML (atau RDF XML) format untuk memberikan sebuah file. Pendengar berlangganan feed dengan menggunakan "podcatching" perangkat lunak yang bertindak sebagai agregator, pemeriksaan berkala untuk dan download konten baru, yang akhirnya dapat menyinkronkan ke portabel MP3 player untuk mendengarkan di perjalanan.
Industri berita adalah juga menghadapi dampak dari desentralisasi. Serangan transit baru-baru ini di London berfungsi untuk menyoroti hal ini. Dalam beberapa jam warga acara telah menciptakan galeri gambar pada foto situs sharing seperti Flickr (www.flickr.com) sering menggunakan gambar mereka telah mengambil tangan pertama menggunakan mereka kamera telepon. Blogs7 pada waktu yang diberikan cakupan lebih cepat dan dengan lebih rinci rekening pribadi. Tetapi daya tarik nyata dari blog adalah kenyataan bahwa siapa pun dimana pun bias mengomentari dan artikel menyediakan link Web yang terkait memberikan kekayaan informasi yang lebih besar saling berhubungan. Selain blog wiki8 situs berita berbasis muncul seperti Wikinews Bahkan di industri penerbitan yang lama 237 tahun Encyclopaedia Britannica telah menjadi korban akibat desentralisasi berbasis wiki ensiklopedi Wikipedia (www.wikipedia.org).
Wikipedia adalah kolaboratif, berbasis internet ensiklopedi. Siapapun dapat membuat entri dan siapa saja bisa mengedit yang sudah ada entri. Sejauh ini memiliki 1,5 juta entri dalam 200 bahasa. Sebaliknya edisi online Encyclopaedia Britannica telah 120.000.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar