Jumat, 08 April 2011

pelopor sistem informasi, konsep, dan sistem komputer pertama

1.douglas carl engelbart
Douglas Carl Engelbart (lahir 30 Januari 1925) adalah seorang penemu Amerika dan perintis komputer awal. Ia terkenal untuk menciptakan mouse komputer,sebagai pelopor interaksi manusia-komputer yang dikembangkan tim hypertext, komputer jaringan, dan prekursor untuk GUI, dan sebagai pendukung berkomitmen dan vokal pembangunan dan penggunaan komputer dan jaringan untuk membantu mengatasi masalah dunia semakin mendesak dan kompleks.

Engelbart telah tertanam dalam lab seperangkat prinsip-prinsip pengorganisasian, yang disebutnya nya "bootstrap strategi", yang khusus dirancang untuk bootstrap dan mempercepat laju inovasi dicapai.

Douglas Engelbart menemukan mouse, antarmuka pengguna grafis, dan sistem hypertext pertama kerja, NLS, yang juga merupakan sistem komputer kedua terhubung ke ARPANET.

Pada akhir Perang Dunia II, Douglas Engelbart adalah berusia 20 tahun US Navy radar teknisi di Filipina. Suatu hari di perpustakaan Palang Merah, ia mengambil salinan Atlantic Monthly mulai Juli, 1945, baca artikel Vannevar Bush tentang sistem nya "memex" perpustakaan otomatis, dan sangat dipengaruhi oleh visi masa depan teknologi informasi.

Enam belas tahun kemudian Engelbart menerbitkan versi sendiri visi Bush, menggambarkan sebuah sistem informasi canggih elektronik di koran "Dengan meningkatkan Akal Manusia: Sebuah Kerangka Konseptual", disiapkan untuk Angkatan Udara Kantor Ilmiah Penelitian dan Pengembangan, dan diekstraksi di bawah ini:

Engelbart bergabung dengan Stanford Research Institute dan pada tahun 1962 mulai bekerja pada menambah, sebuah proyek untuk mengembangkan perangkat komputer untuk meningkatkan kemampuan manusia. Sebagai bagian dari upaya ini, ia mengembangkan sebuah sistem komputer yang disebut NLS (oN-Line System), untuk kertas-referensi silang penelitian untuk berbagi antara peneliti didistribusikan secara geografis. NLS diberikan kemampuan groupware, screen sharing antara pengguna remote, dan link referensi untuk bergerak di antara kalimat dalam kertas penelitian dan dari satu makalah penelitian yang lain.

Engelbart memiliki visi antarmuka antara manusia dan mesin menyediakan koneksi instan dan komunikasi. Sebagian dalam pemenuhan mimpi itu, ia menemukan antarmuka pengguna grafis pertama dan mouse komputer, gambar yang dapat ditemukan di bawah ini.

2. paul marie ghislain otlet
Paul Marie Ghislain otlet (pengucapan Perancis: [ɔtle], Inggris: / ɒtleɪ /) (23 Agustus 1868-10 December 1944) adalah seorang penulis, pengusaha, visioner, pengacara dan aktivis perdamaian, ia adalah salah satu dari beberapa orang yang telah dipertimbangkan bapak ilmu informasi, bidang yang ia sebut "dokumentasi". Otlet menciptakan Klasifikasi Desimal Universal, salah satu contoh yang paling menonjol dari segi klasifikasi. Otlet bertanggung jawab untuk adopsi luas di Eropa dari kartu indeks 3x5 inci standar Amerika digunakan hingga saat ini dalam katalog perpustakaan paling di seluruh dunia (sekarang sebagian besar digantikan oleh munculnya online katalog akses publik (OPAC)). Otlet banyak menulis esai tentang bagaimana mengumpulkan dan mengatur pengetahuan di dunia, memuncak dalam dua buku, Traité de dokumentasi (1934) dan Monde:. Essai d'universalisme. (1935)

Pada tahun 1907, mengikuti konferensi internasional besar, Henri La Fontaine dan otlet menciptakan Kantor Pusat Asosiasi Internasional, yang berganti nama ke Uni Asosiasi Internasional pada tahun 1910, dan yang masih berada di Brussels. Mereka juga menciptakan sebuah pusat internasional yang besar disebut di Mondial Palais pertama (World Istana), kemudian, Mundaneum ke rumah koleksi dan aktivitas berbagai organisasi dan lembaga.

Otlet juga seorang aktivis idealis dan perdamaian, mendorong ide-ide internasionalis politik yang terkandung dalam Liga Bangsa-Bangsa serta Institut Internasional untuk Intelektual Kerjasama (pendahulu UNESCO), bekerja bersama rekannya Henri La Fontaine, yang memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1913 , untuk mencapai ide-ide mereka sebuah pemerintahan dunia baru bahwa mereka melihat timbul dari difusi global informasi dan penciptaan jenis baru organisasi internasional.

3. Ted nelson
Kata "hypertext" pertama kali diciptakan oleh Nelson pada tahun 1963, dan pertama kali ditemukan di cetak dalam artikel surat kabar kuliah tentang kuliah ia memberi disebut "Komputer, Kreativitas, dan Sifat Firman Tertulis" pada Januari, 1965:

Nelson kemudian mempopulerkan konsep hypertext dalam bukunya Literary Machines. Visinya melibatkan implementasi "docuverse", di mana semua data disimpan sekali, tidak ada penghapusan, dan informasi semua itu dapat diakses oleh sebuah link dari tempat lain. Navigasi melalui informasi akan non-linear, tergantung pada pilihan masing-masing individu link. Ini lebih dari teks - itu adalah hypertext. Web menyadari bagian dari visi ini, kecuali bahwa ada penghapusan, dan beberapa informasi disimpan di lebih dari satu tempat.

Nelson terus mengembangkan teorinya, dan instantiates dengan Proyek Xanadu, sebuah hypertext tinggi kinerja sistem yang menjamin identitas referensi ke obyek, dan memecahkan masalah-masalah manajemen konfigurasi dan kontrol hak cipta. Siapapun diperkenankan untuk apapun referensi, asalkan referensi dikirim dari aslinya, dan mungkin melibatkan pembayaran mikro kepada pemegang hak cipta.

Sebagai contoh, sistem Xanadu akan memungkinkan seniman untuk mengirim karya mereka dalam bentuk elektronik dan biarkan diakses beberapa kali, tanpa harus khawatir tentang tiba-tiba menerima tagihan tertahankan untuk biaya bandwidth jaringan. Dengan menambahkan struktur berguna, membebaskan sistem informasi dan membuatnya tersedia untuk semua orang.
Nelson juga bekerja pada sistem berikut:

* INLUV - Interaktif Non-Linear Undo dan Versi - Sebuah standar kompatibilitas kaya untuk interkoneksi antar berbagai jenis perangkat lunak.

* Transpublishing - web A diaktifkan hak cipta dan metode pengiriman memungkinkan orang untuk menerbitkan karya lain secara bebas. Nelson gambar di bagian atas halaman ini transpublished.

* Zigzag - Sebuah sistem multi-dimensi dari keterkaitan antara segala macam benda, proses, dan dokumen, dengan versi shareware untuk Linux.

Beberapa organisasi Nelson telah bekerja dengan tercantum di bawah ini:

* Grup Xanadu. Nelson pertama kali menggunakan "Xanadu" istilah untuk merujuk kepada visi hypertext pada tahun 1967. Pada tahun 1979 Nelson diselenggarakan Grup Xanadu, termasuk Stuart Greene, Roger Gregory, Roland King, Eric Hill, Mark Miller, dan K. Eric Drexler, untuk bekerja pada desain untuk sistem database dan file untuk menerapkan sistem hypertext.

* Xanadu Operasi Perusahaan. Nelson menciptakan Xanadu Operasional Perusahaan, Inc (XOC) pada tahun 1983.

* Hypertext Konferensi. Konferensi hypertext pertama diadakan pada tahun 1987, didukung oleh 23 perusahaan, termasuk Apple Computer, Bell Komunikasi Penelitian, Universitas Harvard, dan Xerox PARC, dan menerbitkan 29 makalah penelitian.

* Autodesk. Pada bulan Februari, 1988, perusahaan Autodesk membeli proyek Xanadu dan merek dagang Xanadu. Pada bulan Agustus 1992, mereka melisensikan hak untuk perangkat lunak XOC untuk Memek, Inc (kemudian "Filoli"), dinamai sistem Vannevar Bush, dan "Xanadu" merek dagang diberikan kembali ke Nelson.

* Serius Cybernetics. Pada tahun 1993, Nelson dirumuskan ide-idenya sebagai suatu sistem hubungan penerbitan bisnis, dan lisensi spesifikasi untuk Serius Cybernetics di Australia sebagai Xanadu Australia.

* Sapporo Hyperlab. Pada tahun 1994, Nelson pindah ke Jepang dan mendirikan Hyperlab Sapporo. Spesifikasi terbaru ini dilisensikan dengan apa yang kemudian SenseMedia sebagai Xanadu Amerika. Salah satu halaman terakhir ada di sini.

* Universitas Keio. Pada tahun 1996, Nelson menjadi Profesor Informasi Lingkungan di Universitas Keio di Shonan Fujisawa, Jepang.

* Oxford Internet Institute. Pada tahun 2004, Nelson adalah penerima pertama dari Fellowship Mengunjungi baru di Wadham College terkait dengan Oxford Internet Institute (OII).

sumber : wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar