Jumat, 08 April 2011

sejarah internet

Meskipun sejarah Internet dapat dikatakan dimulai pada abad ke-19 dengan penemuan sistem telegraf, sejarah modern dari Internet dimulai pada 1950-an dan 1960-an dengan perkembangan komputer. Hal ini dimulai dengan komunikasi point-to-point antara komputer mainframe dan terminal, diperluas untuk koneksi point-to-point antara komputer dan kemudian awal penelitian packet switching. Packet switched jaringan seperti ARPANET, Mark I di NPL di Inggris, CYCLADES, Merit Network, Tymnet, dan Telenet, yang dikembangkan pada akhir 1960-an dan awal 1970-an menggunakan berbagai protokol. ARPANET memimpin khusus pada pengembangan protokol untuk internetworking, di mana beberapa jaringan yang terpisah bisa bergabung bersama-sama ke dalam jaringan dari jaringan.

Pada tahun 1982 Internet Protocol Suite (TCP / IP) adalah standar dan konsep jaringan seluruh dunia sepenuhnya saling berhubungan TCP / IP yang disebut jaringan internet diperkenalkan. Akses ke ARPANET diperluas pada tahun 1981 ketika National Science Foundation (NSF) mengembangkan Computer Science Network (CSNET) dan lagi pada 1986 ketika NSFNET menyediakan akses ke situs superkomputer di Amerika Serikat dari organisasi penelitian dan pendidikan. ARPANET telah dinonaktifkan pada tahun 1990. Komersial penyedia layanan internet (ISP) mulai muncul pada akhir 1980-an dan 1990-an dan internet itu dikomersialkan pada tahun 1995 saat NSFNET adalah didekomisioning, menghilangkan pembatasan terakhir pada penggunaan Internet untuk membawa lalu lintas komersial.

Sejak pertengahan 1990-an Internet berdampak drastis pada budaya dan perdagangan, termasuk bangkitnya komunikasi instan dekat melalui surat elektronik, forum diskusi berbasis teks, dan World Wide Web. Komunitas riset dan pendidikan terus menggunakan jaringan canggih seperti kecepatan yang sangat tinggi Backbone NSF Layanan Jaringan (vBNS) dan Internet2. Peningkatan jumlah data yang ditransmisikan pada kecepatan yang lebih tinggi dan lebih tinggi melalui jaringan fiber optic beroperasi pada 1-Gbps, 10-Gbps, atau lebih. Internet terus berkembang, didorong oleh semakin jumlah yang lebih besar dari informasi online dan pengetahuan, oleh perdagangan dan hiburan, dan oleh jaringan sosial.

Gopher

Protokol Gopher / ɡoʊfər / adalah TCP / IP Application layer protokol yang didesain untuk mendistribusikan, mencari, dan mengambil dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada desain menu-dokumen, protokol Gopher adalah pendahulu dari (dan kemudian, sebuah alternatif untuk) World Wide Web.

Protokol ini menawarkan beberapa fitur tidak didukung oleh native Web dan menerapkan hirarki yang lebih kuat pada informasi yang tersimpan di dalamnya. Teks antarmuka menu adalah cocok untuk lingkungan komputasi yang sangat bergantung pada remote terminal komputer berorientasi teks, yang masih umum pada waktu penciptaan pada tahun 1991, dan kesederhanaan protokol yang memfasilitasi berbagai implementasi klien.

Meskipun sebagian besar digantikan oleh Web pada tahun-tahun berikutnya, protokol Gopher masih digunakan oleh penggemar, dan populasi kecil dari server aktif-tetap dipertahankan.

DARPA
TCP / IP model adalah kerangka keterangan untuk protokol jaringan komputer yang dibuat pada 1970-an oleh DARPA, sebuah lembaga dari Amerika Serikat Departemen Pertahanan. Hal ini berevolusi dari ARPANET, yang pertama kali daerah di dunia jaringan yang luas dan pendahulu dari Internet. TCP / IP Model kadang-kadang disebut Model Internet atau DoD Model.

TCP / IP Model, atau Internet Protocol Suite, menggambarkan seperangkat pedoman umum dan desain implementasi dari protokol jaringan yang spesifik untuk memungkinkan komputer untuk berkomunikasi melalui jaringan. TCP / IP menyediakan end-to-end konektivitas menentukan bagaimana data harus diformat, ditangani, ditransmisikan, diarahkan dan diterima di tempat tujuan. Protokol ada untuk berbagai jenis layanan komunikasi antar komputer.

TCP / IP, kadang-kadang disebut sebagai model Internet, memiliki lapisan abstraksi empat sebagaimana didefinisikan dalam RFC 1122. Arsitektur Lapisan ini sering dibandingkan dengan tujuh-lapis OSI Reference Model; menggunakan istilah-istilah seperti model referensi internet, salah, bagaimanapun, karena deskriptif sedangkan OSI Reference Model ini dimaksudkan untuk menjadi preskriptif, maka menjadi model referensi.

TCP / IP model dan protokol yang terkait diselenggarakan oleh Internet Engineering Task Force (IETF).

WAIS

Wide Area Information Server atau WAIS adalah teks client-server mencari sistem yang menggunakan Standar ANSI Z39.50 Information Retrieval Layanan Definisi dan Spesifikasi Protokol untuk Aplikasi Perpustakaan "(Z39.50: 1988). untuk mencari database indeks pada komputer remote itu dikembangkan pada akhir 1980-an sebagai proyek Berpikir Mesin, Apple Computer, Dow Jones, dan KPMG Peat Marwick.

WAIS tidak mengikuti baik standar atau kerangka sistem OSI (bukan mengadopsi TCP / IP) tetapi menciptakan sebuah protokol unik yang diilhami oleh Z39.50: 1988.

FTP
File Transfer Protocol (FTP) adalah protokol jaringan standar yang digunakan untuk menyalin file dari satu host ke yang lain melalui jaringan berbasis TCP, seperti Internet. FTP dibangun pada arsitektur client-server dan menggunakan kontrol terpisah dan koneksi data antara client dan server. [1] FTP pengguna mungkin otentikasi diri menggunakan teks-jelas sign-in protokol tetapi dapat terhubung secara anonim jika server dikonfigurasi untuk memungkinkan itu.

FTP pertama aplikasi klien yang interaktif command-line tools, melaksanakan perintah standar dan sintaks. Klien antarmuka pengguna grafis sejak telah dikembangkan untuk banyak sistem operasi desktop yang populer digunakan saat ini.

IP
Internet Protocol (IP) adalah protokol komunikasi utama yang digunakan untuk menyampaikan datagram (paket) di sebuah internetwork menggunakan Internet Protocol Suite. Bertanggung jawab untuk routing paket melintasi batas-batas jaringan, itu adalah protokol utama yang menetapkan Internet.
IP adalah protokol utama dalam Internet Layer Internet Protocol Suite dan mempunyai tugas untuk menyampaikan datagram dari host sumber ke host tujuan semata-mata berdasarkan alamat mereka. Untuk tujuan ini, IP mendefinisikan pengalamatan metode dan struktur untuk enkapsulasi datagram.
Secara historis, IP adalah layanan datagram connectionless di Control Transmisi asli Program diperkenalkan oleh Vint Cerf dan Bob Kahn pada tahun 1974, yang lain menjadi berorientasi koneksi Transmission Control Protocol (TCP). Internet Protocol Suite Oleh karena itu sering disebut sebagai TCP / IP.
Versi besar pertama dari IP, sekarang disebut sebagai Internet Protocol Version 4 (IPv4) adalah protokol Internet dominan, meskipun penerus, Internet Protocol Version 6 (IPv6) adalah aktif, tumbuh penyebaran di seluruh dunia.

TCP

The Transmission Control Protocol (TCP) merupakan salah satu protokol inti dari Internet Protocol Suite. TCP merupakan salah satu dari dua komponen asli suite, melengkapi Internet Protocol (IP), dan karenanya seluruh paket sering disebut sebagai TCP / IP. TCP menyediakan handal, memerintahkan pengiriman aliran byte dari sebuah program pada satu komputer ke program lain di komputer lain. TCP merupakan protokol yang aplikasi Internet yang besar bergantung pada, aplikasi seperti World Wide Web, e-mail, dan transfer file. Aplikasi lain, yang tidak memerlukan layanan handal data stream, dapat menggunakan User Datagram Protocol (UDP) yang menyediakan layanan datagram yang menekankan mengurangi latensi atas keandalan. TCP menyediakan saluran point-to-point untuk aplikasi yang membutuhkan komunikasi handal. Hypertext Transfer Protocol (HTTP), File Transfer Protocol (FTP) dan Telnet adalah contoh aplikasi yang membutuhkan saluran komunikasi yang handal.


sumber : wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar