Rabu, 13 April 2011

keadilan

keadilan menurut aristoteles adalah kelayakan dalam tindakan manusia. kelayakan diartikan sebagai titik tengah diantara ke dua ujung ekstrem yang terlalu banyak dan terlalu sedikit. kedua ujung eksrem itu menyangku dua orang atau benda. bila kedua orang tersebut mempunyai kesamaan dalam ukuran yang telah di terapkan, maka setiap orang harus memperoleh benda atau hasil yang sama. kalau tidak sama, maka masing mendapat bagian yang tidak sama, pelanggaran proporsi tersebut berarti ketidak adilan.

sering sekali rasa kasih, benci, dan sayang menutup rasa keadailan dalam diri kita. seperti kita menilai orang itu secara subjektif misal ada wanita cantik biasanya kita akan beranggapan bahwa kata-katanya benar, sedangkan yang lainnya tidak benar. atau ketika kita memilih pemimpin kita memilih seseorang karena kita mendapatkan uang darinya bukan karena kompetensinya.

untuk itu tidak ada satupun manusia yang adil sempurna. hanya tuhanlah yang keadilan yang sebenarnya. untuk itu jika kia ingin adil maka ikutilah tuntunan keadilannya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar