Selasa, 12 April 2011

sejarah java

java bermula dari proyek penelitian perusahaan Sun Microsystem dengan nama sandi Green pada tahun 1991. terdapat prediksi bahwa mikroprosesor akan di gunakan luas pada peralatan-peralatan elektronik. karena adanya bermacam tipe mikroprosesor, maka di buuhkan sebuah bahasa program yang dapat berjalan di semua mikroprosesor

terciptalah sebuah bahasa pemrograman baru. oleh james gosling, yaiu salah satu orang yang berperan besar dalam proyek tersebut, program ini diberi nama oak. seduai dengan pohon oak yang tumbuh dan bisa dilihat melalui jendela kerjanya di Sun Microsystem.

kemudian ditemukan bahwa sudah ada bahasa pemrograman dengan nama oak. akhirnya setelah beberapa pegawai sun mengunjungi sebuah kedai kopi, nama bahasa pemrograman ini diganti dengan java. java merupakan salah satu jenis biji kopi yang ada di kedai tersebut, yaitu biji kopi jawa.

Sum Microsystems mengumumkan kehadiran bahasa java secara formal di tahun 1995. bahasa ini mulai disambu baik oleh masyarakat luas seiring dengan meledaknya era internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar