Kamis, 06 Januari 2011

Pengaruh new media dalam kehidupan

Dalam arti sederhananya New Media adalah media yang baru.Media adalah wadah dimana akan dilakukannya sebuah proses yang akan menghasilkan tujuan tertentu.Perkembangan tekhnologi pada masa kini telah berkembang dengan kemajuan yang banyak memberikan dampak dalam kehidupan sosial dan budaya masyarakat.

Media yang digunakan dalam perkembangannya banyak sekali,dimulai dari media elektronik dan media cetak dimana media elektronik itu sendiri dapat dibilang bahwa ini adalah media yang mengalami perkembangan yang paling cepat.Sifatnya yang compatible memungkinkan banyak hal-hal baru yang dapat dijadikan ide dalam hal pengembangannya.Contoh dari media elektronik antara lain televisi,radio dan yang paling cepat dalam hal pembaharuannya adalah internet.Internet inilah yang akan saya bahas dalam pembahasan new media yang memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan budaya.

Dewasa ini hampir semua orang terutama mereka yang dalam usia produktif mengenal dan menggunakan internet.Internet adalah media yang mengalami perubahan yang berlangsung dalam hitungan detik dimana informasi yang didapat juga tidak terbatas berasal dari satu daerah saja.Pengaksesan media internet juga mudah sehingga keterbatasan bisa dikatakan hampir tidak ada.Semua yang mengakses internet tidak diketahui siapa,apakah anak kecil atau orang dewasa,mereka hanya dapat dilacak berdasarkan lokasinya karena itulah dikatakan bahwa keberadaan internet saat ini telah banyak memberikan dampak positif maupun negatif dalam kehidupan.

Penguruh buruk dalam bidang sosial orang akan lebih banyak beaktifitas di depan komputer dibandingkan bersosialisasi dengan orang lain. Bahkan baru-baru ini banyak kasus penculikan yang di akibatkan penggunaan situs jejaring sosial seperti facebook. Dalam bidang psikologi banyak anak yang berubah sikapnya karena game online banyak pelajar sekarang yang rela tidak jajan untuk dapat bermain game online. Bahkan ada yang rela tidak masuk sekolah untuk dapat berlama-lama bermain game di depan komputer. Ini beberapa pergeseran nilai yang terjadi akibat new media.



Di samping dampak buruk ada pula dampak positif dari new media. Di bidang ekonomi banyak pengusaha yang dapat mengembangkan usahanya dengan bantuaan internet dan juga iklan yang di siarkan melali radio maupun televisi. Di bidang ilmu pengtahuan guru-guru dapat mencari referensi untuk mengajar kepada murid-muridnya.



New media memang memiliki dampak negatif yang mengakibatkan pergeseran nilai. Akan tetapi new media juga berdampak besar dalam pembangunan pendidikan dan perekonomian. Jadi sebagai penguna kita harus lebih bijak dalam menggunakannya. Dan bagi para orang tua haruslah mengawasi buah hatinya dalam menggunakan new media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar